Event pada Visual Basic

Event merupakan kejadian pada yang akan menjalankan kode program, misalnya Click (klik), Drag Drop, DoubleClick (klik ganda), KeyPress, dll. Fungsi ini dapat digunakan untuk mengkontrol pristwa yang akan digunakan, dengan fungsi ini Suatu peristiwa pada proses pembuatan program visual basic dapat terkontol.
Contoh, pengguna dapat mengklik pada tombol, mengubah kotak teks, atau mengubah ukuran formulir. Setiap komponen dapat beraksi melalui event, seperti event click pada command button yang tertulis dalam layar script Command1_Click, atau event Mouse Down pada picture yang tertulis dengan Picture1_MouseDown. Pengaturan event dalam setiap komponen yang akan menjalankan semua metode yang dibuat. Beberapa contoh event pada visual basic.

  • Event Click dan DblClick
    Event click terjadi ketika pemakai melakukan klik pada tombol kiri mouse. Demikian juga Event DblClick terjadi karena pemakai melakukan klik dua kali.

  • Event Change
    Event Change dibangkitkan ketika isi dari suatu kontrol berubah. Tetapi pada CheckBox, dan OptionButton Event Click yang dibangkitkan.

  • Event GotFocus dan LostFocus
    GotFocus dibangkitkan ketika kontrol menerima fokus, dan LostFocus dibangkitkan ketika fokus meninggalkannya dan beralih ke kontrol lain. Pada awalnya event ini banyak digunakan untuk mekanisme validasi ketika kontrol kehilangan fokus. Pada Visual Basic 6 telah diperkenalkan suatu event Validate event, yang lebih sesuai untuk masalah yang sama.

  • Event KeyPress, KeyDown, dan KeyUp
    Event-event ini dibangkitkan ketika pemakai menekan tombol pada keyboard pada kontrol yang memiliki fokus. Urutan eventnya adalah : KeyDown (ketika pemakai menekan tombol), KeyPress (Visual Basic menterjemahkan tombol ke numerik ANSI code), dan KeyUp (ketika pemakai melepas tombol).
Comments
0 Comments